Kasih makan dunk ikanku.....trims

Selasa, 20 April 2010

contoh ptk sd kelas v



LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


PENERAPAN PENDEKATAN PROSES 5 FASE
UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN
MENULIS PADA SISWA KELAS V SD



Oleh:
Dra. Sumarwati, M.Pd.
Sudarsono, S.Pd., M.Pd.
Drs. Suradi


Dibiayai Oleh :
Direktorat Ketenagaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Departemen Pendidikan Nasional
Dengan Surat Perjanjian Pelaksanaan Penelitian
Nomor : 110/Ketenagaan/2007 tanggal 23 Februari 2007





PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
NOVEMBER 2007

HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH)

1.    Judul Penelitian
PENERAPAN PENDEKATAN PROSES 5 FASE  UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS PADA SISWA KELAS 5 SD

2.    a. Mata Pelajaran
b. Bidang Kajian
Bahasa Indonesia
Masalah Pembelajaran Menulis di SD
3.    Ketua Peneliti
         a.    Nama Lengkap dan Gelar
         b.    Jenis Kelamin
         c.    Pangkat, Golongan, NIP
         d.    Program Studi/Jurusan
         e.    Fakultas
          f.    Institut/Universitas
         g.    Alamat rumah

Nomor telepon/HP:
        Email:

Dra. Sumarwati, M.Pd.
Perempuan
Pembina/IV.1/131658567
Pend. Bahasa Indonesia/Pend. Bahasa dan Seni
Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Sebelas Maret Surakarta
Perum “Dalem Asri” Jl. Duku AA5 Jaten, Karanganyar
(0271)822653/08164272262
watik_fkipuns@yahoo.com
4.    Nama Anggota Peneliti
1.       Sudarsono WP, S.Pd.   
2.       Drs. Suradi
5.    Lama Penelitian
8 (delapan)  bulan
dari bulan April sampai bulan November 2007
6.    Biaya yang diperlukan:
  1. Sumber dari Ditjen Dikti
  2. Sumber lain

 Jumlah

Rp  15.000.000
      Tidak ada
_______________________
Rp. 15.000.000
(Lima belas juta rupiah)
                                 

                                                                                       Surakarta,  2 November 2007

Mengetahui                                                                     Ketua Pelaksana,
Dekan  FKIP,


Prof. Dr. M. Furqon H., M.Pd.                                         Dra. Sumarwati, M.Pd.
NIP: 131658563                                                              NIP: 131658567



 Menyetujui                                                                     Mengetahui
 Ketua LPPM UNS,                                                         Kepala SD Negeri 15  
                                                                                        Surakarta,               
                                                                                                      
       
 Prof. Dr. Sunardi, M.Sc.                                                Sudarsono WP, S.Pd., M.Pd.
 NIP :  130605279                                                          NIP : 130576319    
      
ABSTRAK

DRA. SUMARWATI, M.PD., DKK  ”PENERAPAN PENDEKATAN PROSES 5 FASE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS PADA SISWA KELAS V SD”
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan kemampuan menulis dengan mengimplementasikan tahap-tahap dalam pendekatan proses 5 fase. Strategi penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 dan tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi dan verifikasi. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa  kelas V.1 SD Negeri 15 Surakarta, sedang objeknya adalah pembelajaran menulis yang termasuk dalam pelajaran Bahasa Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan tahap-tahap dalam pendekatan proses 5 fase, yaitu meliputi tahap prapenulisan, penulisan, revisi, pengeditan, dan pemajangan karangan, dapat meningkatkan kualitas proses maupun hasil pembelajaran menulis pada para siswa kelas V.1 SD Negeri 15 Surakarta. Ini ditunjukkan dari adanya peningkatan jumlah siswa yang termotivasi dan aktif selama proses kreatif menulis berlangsung. Selain itu, juga tampak dari meningkatnya jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar menulis (mendapat nilai minimal 65) dari siklus pertama hingga ketiga. Adapun cara penerapan pendekatan proses 5 fase yang dapat meningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis tersebut adalah sebagai berikut: (1) tahap prepenulisan direalisasikan melalui pembimbingan pemilihan dan pembatasan topik karangan serta penyusunan kerangka karangan, (2) tahap penulisan direalisasikan melalui pembimbingan mengembangkan topik-topik pada kerangka karangan menjadi paragraf-paragraf sehingga dihasilkan draf karangan, (3) tahap revisi dan tahap pengeditan direalisasikan melalui pemberian tanda-tanda atau feedback mengenai kekurangan pada aspek isi karangan dan kesalahan bahasa dan pembimbingan memperbaiki isi dan mengoreksi kesalahan bahasa, dan (4) tahap publikasi diwujudkan melalui pemajangan karya semua siswa kelas V.1 pada papan pajang oleh guru dan siswa
KATA PENGANTAR

Puji syukur peneliti panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wataala atas limpahan rahmat, taufik dan hidayah-Nya karena dapat melaksanakan penelitian ini hingga penyusunan laporan hasilnya.
Sudah barang tentu pelaksanaan penelitian ini dapat berjalan dengan lancar berkat bantuan dari berbagai pihak. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada:
1.    Ketua LPPM  Universitas Sebelas Maret yang memberikan pengesahan pada proposal maupun laporan hasil penelitian.
2.    Dekan FKIP Universitas Sebelas Maret yang memberikan pengesahan pada proposal maupun laporan hasil penelitian.
Kepala SD Negeri 15 Surakarta yang telah memberikan pengesasahan.......selenngkapnya hubungi ptkkti@yahoo.com atau 081559965522

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar