LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENERAPAN PENDEKATAN PROSES 5 FASE
UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN
MENULIS PADA SISWA KELAS V SD
Oleh:
Dra. Sumarwati, M.Pd.
Sudarsono, S.Pd., M.Pd.
Drs. Suradi
Dibiayai Oleh :
Direktorat Ketenagaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Departemen Pendidikan Nasional
Dengan Surat Perjanjian Pelaksanaan Penelitian
Nomor : 110/Ketenagaan/2007 tanggal 23 Februari 2007
PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
NOVEMBER 2007
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH)
1. Judul Penelitian | PENERAPAN PENDEKATAN PROSES 5 FASE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS PADA SISWA KELAS 5 SD |
2. a. Mata Pelajaran b. Bidang Kajian | Bahasa Indonesia Masalah Pembelajaran Menulis di SD |
3. Ketua Peneliti a. Nama Lengkap dan Gelar b. Jenis Kelamin c. Pangkat, Golongan, NIP d. Program Studi/Jurusan e. Fakultas f. Institut/Universitas g. Alamat rumah Nomor telepon/HP: Email: | Dra. Sumarwati, M.Pd. Perempuan Pembina/IV.1/131658567 Pend. Bahasa Indonesia/Pend. Bahasa dan Seni Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret Surakarta Perum “Dalem Asri” Jl. Duku AA5 Jaten, Karanganyar (0271)822653/08164272262 watik_fkipuns@yahoo.com |
4. Nama Anggota Peneliti | 1. Sudarsono WP, S.Pd. 2. Drs. Suradi |
5. Lama Penelitian | 8 (delapan) bulan dari bulan April sampai bulan November 2007 |
6. Biaya yang diperlukan:
Jumlah | Rp 15.000.000 Tidak ada _______________________ Rp. 15.000.000 (Lima belas juta rupiah) |
Surakarta, 2 November 2007
Mengetahui Ketua Pelaksana,
Dekan FKIP,
Prof. Dr. M. Furqon H., M.Pd. Dra. Sumarwati, M.Pd.
NIP: 131658563 NIP: 131658567
Menyetujui Mengetahui
Ketua LPPM UNS, Kepala SD Negeri 15
Prof. Dr. Sunardi, M.Sc. Sudarsono WP, S.Pd., M.Pd.
NIP : 130605279 NIP : 130576319
ABSTRAK
DRA. SUMARWATI, M.PD., DKK ”PENERAPAN PENDEKATAN PROSES 5 FASE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS PADA SISWA KELAS V SD”
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan kemampuan menulis dengan mengimplementasikan tahap-tahap dalam pendekatan proses 5 fase. Strategi penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 dan tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi dan verifikasi. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V.1 SD Negeri 15 Surakarta, sedang objeknya adalah pembelajaran menulis yang termasuk dalam pelajaran Bahasa Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan tahap-tahap dalam pendekatan proses 5 fase, yaitu meliputi tahap prapenulisan, penulisan, revisi, pengeditan, dan pemajangan karangan, dapat meningkatkan kualitas proses maupun hasil pembelajaran menulis pada para siswa kelas V.1 SD Negeri 15 Surakarta. Ini ditunjukkan dari adanya peningkatan jumlah siswa yang termotivasi dan aktif selama proses kreatif menulis berlangsung. Selain itu, juga tampak dari meningkatnya jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar menulis (mendapat nilai minimal 65) dari siklus pertama hingga ketiga. Adapun cara penerapan pendekatan proses 5 fase yang dapat meningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis tersebut adalah sebagai berikut: (1) tahap prepenulisan direalisasikan melalui pembimbingan pemilihan dan pembatasan topik karangan serta penyusunan kerangka karangan, (2) tahap penulisan direalisasikan melalui pembimbingan mengembangkan topik-topik pada kerangka karangan menjadi paragraf-paragraf sehingga dihasilkan draf karangan, (3) tahap revisi dan tahap pengeditan direalisasikan melalui pemberian tanda-tanda atau feedback mengenai kekurangan pada aspek isi karangan dan kesalahan bahasa dan pembimbingan memperbaiki isi dan mengoreksi kesalahan bahasa, dan (4) tahap publikasi diwujudkan melalui pemajangan karya semua siswa kelas V.1 pada papan pajang oleh guru dan siswa
KATA PENGANTAR
Puji syukur peneliti panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wataala atas limpahan rahmat, taufik dan hidayah-Nya karena dapat melaksanakan penelitian ini hingga penyusunan laporan hasilnya.
Sudah barang tentu pelaksanaan penelitian ini dapat berjalan dengan lancar berkat bantuan dari berbagai pihak. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada:
1. Ketua LPPM Universitas Sebelas Maret yang memberikan pengesahan pada proposal maupun laporan hasil penelitian.
2. Dekan FKIP Universitas Sebelas Maret yang memberikan pengesahan pada proposal maupun laporan hasil penelitian.
Kepala SD Negeri 15 Surakarta yang telah memberikan pengesasahan.......selenngkapnya hubungi ptkkti@yahoo.com atau 081559965522
Tidak ada komentar:
Posting Komentar