Kasih makan dunk ikanku.....trims

Senin, 19 April 2010

contoh ptk matematika NHT untuk fungsi naik..

ABSTRAK

Masitah. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model NHT (Numbered Head Together) pada Materi Fungsi Naik dan Fungsi Turun Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Kertanegara Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. M. Shohibul Kahfi, M. Pd (II) Dr. H. Makbul Muksar, S. Pd, M. Si.

Kata Kunci: penerapan, pembelajaran kooperatif, Numbered Head Together, fungsi naik, fungsi turun, motivasi, hasil belajar.

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SMA Kertanegara Malang, peneliti menemukan hal-hal sebagai berikut: (1) metode pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah ceramah, bahkan guru tidak pernah menggunakan metode lain yang melibatkan keaktifan siswa, sehingga menyebabkan siswa kurang aktif mengikuti pelajaran matematika, (2) motivasi belajar siswa kurang, hal ini dapat dilihat ketika proses pembelajaran berlangsung siswa kurang memperhatikan guru, bahkan siswa bermain-main HP ataupun bicara tentang motor, selain itu siswa malas mencatat, hal ini karena rata-rata siswa hanya membawa satu atau dua buku saat sekolah, dan (3) hasil belajar siswa masih kurang, siswa yang tuntas belajar hanya 4 siswa dari 18 siswa dengan SKM yang ditetapkan guru adalah 60. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Head Together) yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas XI IPS SMA Kertanegara Malang yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2009 dalam dua siklus, dengan tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Kertanegara Malang. Prosentase motivasi belajar siswa pada akhir tindakan siklus I adalah 51,16% termasuk dalam kategori cukup dan pada tindakan siklus II adalah 68,92% termasuk dalam kategori baik. Artinya, motivasi belajar matematika siswa dalam pembelajaran model NHT (Numbered Head Together) telah memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh peneliti.
Sedangkan prosentase ketuntasan belajar matematika siswa secara klasikal pada tes akhir tindakan siklus I adalah 52,94% dan pada tindakan siklus II adalah 82,35%. Artinya, hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran model NHT (Numbered Head Together) telah memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh peneliti.
Bertitik tolak dari hasil penelitian ini, maka saran yang perlu dipertimbangkan oleh guru matematika adalah pembelajaran model NHT (Numbered Head Together) dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk pembelajaran alternatif dalam membelajarkan matematika.



Penguji, Pembimbing I, Pembimbing II,





Dra. Ety Tejo D.C., M.Pd
NIP 19620318 199002 2 001



Drs. H. M. Shohibul Kahfi, M.Pd
NIP 19590219 198403 1 001



Dr. H. Makbul Muksar, S.Pd, M.Si
NIP 19681103 199203 1 002
ABSTRACT

Masitah. 2009. Applying NHT (Numbered Head Together) Cooperative Learning Model on Increasing Function and Decreasing Function to Increase the Student’s Motivation and the Achievement Result of Math at Eleventh Social Grade of SMA Kertanegara Malang. Thesis, Program of Study Mathematic Department, Faculty of Mathematics and Science, State University of Malang. Advisors: (I) Drs. H. M. Shohibul Kahfi, M. Pd (II) Dr. H. Makbul Muksar, S. Pd, M. Si.

Keywords: Applying, cooperative learning, Numbered Head Together, increasing function, decreasing function, motivation, achievement result.

Based on the first observation done by researcher at SMA Kertanegara Malang, researcher find that: (1) learning method are used by the teacher is expository, even the teacher never use the other method such that the students active, it becomes students less active in math learning, (2) Lack in motivation of study, its can be seen when learning process was being conducted, the students didn’t pay attention to their teacher, even the students were operating hand phone or talking about motorcycle. In addition, the students were lazy to take notes. It caused by almost students just brought one or two books when going to school and
(3) the result of math study under expectation, the students who reaches minimum standard with SKM 60 are only four from eighteen students. The purpose of this research is improving the learning. Therefore, the researcher used cooperative learning that is expected to increase the student’s motivation and the achievement result.
The research uses research of class action. As a source of data, the students of eleventh social grade of SMA Kertanegara Malang with eighteen students were chosen. The research was done at April to May 2009 in two cycles, every cycle include planning, action, observation, and reflection.
The result of the research is mathematics instruction using NHT (Numbered Head Together) model can increase student’s motivation in eleventh social grade of Kertanegara Malang. The percentage of students motivation by the end of first cycle is 51,16% that is in sufficient category and the end of second cycle is 68,92% that is in good category. That means the students motivation to study math using NHT (Numbered Head Together) model instruction have fulfilled that criteria said by researcher. Meanwhile, the percentage of student’s classical math comprehensiveness in the last test of first cycle is 52,94% and the last test of second cycle is 82,352%. That means the math study result using NHT (Numbered Head Together) model instruction have fulfilled that criteria said by researcher.
Based on the result of research, the suggestion which is needed to be considered by Mathematics teacher is NHT (Numbered Head Together) model learning can be used as one of the alternative method in teaching mathematics to the students....selengkapnya hubungi ptkkti@yahoo.com atau sms 081559965522

Tidak ada komentar:

Posting Komentar