Kasih makan dunk ikanku.....trims

Rabu, 14 April 2010

Contoh PTK Bhs Inggris SMA-Mind Mapping-

LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


MENINGKATKAN KOMPETENSI WRITING
PADA TEKS REPORT DENGAN STRATEGI MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI IA 1 SMA 1 XXX
TAHUN PELAJARAN 2007-2008


Oleh:
Xxx, S.Pd.
NIP. : 131126520


Dibiayai Oleh:
Direktorat Profesi Pendidik
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik
dan Kependidikan
Departemen Pendidikan Nasional
Dengan Surat Perjanjian Pelaksanaan Penelitian Nomor:
2971/F2/KP/2007

SMA Negeri 1 Xxx
Kabupaten : Xxx
Propinsi : Jawa Tengah

Direktorat Profesi Pendidik
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik
dan Kependidikan
Departemen Pendidikan Nasional
2007



LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


Bidang Kajian : Pembelajaran Bahasa Inggris
1.Judul Penelitian : Meningkatkan Kompetensi
Writing pada Teks Report
dengan Strategi Mind Mapping
pada Kelas XI IA 1 SMA
Negeri 1 Xxx
Tahun Pelajaran 2007-2008
2. Peneliti:
a. Nama Lengkap : Xxx, S.Pd.
b. Jenis Kelamin : Perempuan
c. Pangkat/Golongan : Pembina/ IV/a
d. Mata Ajaran/Kelas : Bahasa Inggris/ XI IA 1
e. Sekolah : SMA 1 Xxx
f. Alamat Jl. Soekarno-Hatta Xxx
Telp. (0294) 381136
Kode Pos 51351 Xxx
3. Jumlah Anggota Peneliti : 1 orang
4 Lama Penelitian : Dua setengah bulan
5 Biaya Penelitian : Rp. 1.000.000,00 (Satu juta rupiah)

















ii
PERPUSTAKAAN
SMA 1 XXX
Jl. Soekarno-Hatta Xxx, Telp. (0294) 381136, Kode Pos 51351 Xxx
LEMBAR PENYERAHAN DOKUMEN


Pada hari ini, Kamis, tanggal 30 Januari 2008 telah diserahkan dokumen, berupa laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan judul:
MENINGKATKAN KOMPETENSI WRITING
PADA TEKS REPORT DENGAN STRATEGI MIND MAPPING
PADA KELAS XI IA 1 SMA 1 XXX
TAHUN PELAJARAN 2007-2008

yang ditulis oleh:
nama : Xxx, S.Pd.
NIP : 131126520
pangkat/gol./ruang : Pembina/IV/a
jabatan : Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris
kepada pengelola Perpustakaan SMA 1 Xxx sebagai bahan referensi ilmiah.
















Iii

KATA PENGANTAR


Menghadapi era global yang penuh tantangan ini perlu persiapan yang tidak mudah. Oleh karena itu kita perlu mempersiapkan generasi muda dengan sebaik-baiknya, antara lain dengan meningkatkan kompetensi mereka dalam segala bidang, termasuk meningkatkan kompetensi mereka dalam berbahasa Inggris, karena bahasa ini adalah salah satu bahasa internasional yang dipakai oleh sebagian besar penduduk dunia.
Dari alasan tersebut diatas maka penulis tertarik untuk ikut andil, meskipun dalam porsi yang tidak begitu berarti, yaitu untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas, khususnya mengenai pembelajaran writing, yaitu salah satu kompetensi dari empat kompetensi dalam Bahasa Inggris yang diajarkan di SMA, yaitu listening (mendengarkan, speaking (berbicara), reading (membaca) dan writing (menulis), karena penulis memandang selama ini banyak peserta didik (siswa) yang mengalami kesulitan belajar dalam menulis, yang salah satunya disebabkan oleh proses pembelajaran yang kurang benar, yaitu guru hanya memberikan tugas membuat karangan tanpa bimbingan yang kurang berarti, sementara peserta didik tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan tugas yang diberikan oleh guru tersebut. Oleh karena itu tidaklah heran jika hal ini menyebabkan banyak peserta didik tidak dapat belajar dengan optimal dalam menulis.
Pada kesempatan ini penulis tertarik untuk memberikan langkah-langkah yang benar dalam proses pembelajaran writing, yaitu dengan langkah-langkah: Generating, Planning, Drafting, Revising, Editing dan Publishing.


iv
Dalam penelitian ini banyak fihak yang telah ikut memberi andil, yang begitu besar peranan mereka bagi penulis. Oleh karena itu perkenankanlah penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1. Ibu Sri Mulyani, S.Pd. , M.Pd, Kasie Kurikulum Depdikbud Kabupaten
Xxx, yang telah maemberi motivasi kepada peneliti.
2. Bpk. Drs. Sutopo, M.Pd, Kepala SMA 1 Xxx
3. Bpk. Dr. Totok Sumaryanto, M.Pd., sebagai Pembimbing
4 Teman-teman, yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, yang telah
membantu penyelesaian laporan ini.
Akhirnya penulis berharap semoga laporan ini mempunyai manfaat bagi pembelajaran bahasa Inggris. Penulis menyadari bahwa laporan penelitian ini masih banyak memiliki kekurangan. Oleh karena itu penulis mengharap kritik dan saran yang membangun dari semua pihak demi kesempurnaan laporan penelitian ini.





Xxx, 30 Januari 2008

Peneliti,














v
DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL ........................................................................ . i
HALAMAN PENGESAHAN ..................................................................... ii
LEMABAR PENYERAHAN DOKUMEN ............................................... iii
KATA PENGANTAR .......... .............................................................iv
DAFTAR ISI ....................................................................................vi

BAB I. PENDAHULUAN ..................................................... 1
A. Latar Belakang Masalah ........................................... 1
B. Perumusan Masalah ........................................... 3
C. Tujuan Penelitian ....................................................... 3
D. Manfaat Penelitian ............................................ 3

BAB II. LANDASAN TEORI DAN
PENGAJUAN HIPOTESIS ..................................... .......... 5
A. Landasan Teori ........................................................... 5
B. Kerangka Berfikir dan Hipotesis Tindakan. .............13

BAB III METODOLOGI PENELITIAN ……………………… 16
A. Setting Penelitian ……………………………………… 16
B. Subjek Penelitian ……………………………………… 16
C. Data dan Sumber data ……………………………… 16
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data ……………… 16

vi
E. Validasi Data .......................................................... 17
F. Analisis Data .......................................................... .17
G. Penyajian ...................................................................... 17

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ........... 22

BAB V PENUTUP ...................................................................... 26
A. Kesimpulan ........................................................... 26
B. Saran ....................................................................... 26
DAFTAR PUSTAKA ....................................................................... 27
LAMPIRAN-LAMPIRAN ....................................................................... 28
A. Rencana Anggaran ........................................................... 28
B. Lembar Kerja Siswa I ................................................29
C. Lembar Kerja Siswa II .... ...........................................30
D. Pedoman Penskoran ................................................31
E Pedoman Observasi ................................................32.
F. Angket Pendapat Siswa ................................................33.
G. Nilai Ujian Bahasa Inggris Siswa SMA 1 Xxx ............34.
H. Bimbingan Online Pembuatan Laporan ........................... 36.
I. Surat Keterangan .............................................................. 37.




vii
BAB 1
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional yang dipakai oleh sebagian besar penduduk dunia, oleh karena itu banyak hasil penemuan-penemuan baik ilmu pengetahuan maupun teknologi yang ditulis dalam bahasa ini. Dan untuk mengakses informasi tersebut tentu saja dibutuhkan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi berbahasa Inggris yang memadai pula, baik secara lisan ataupun tulis .
Untuk menciptakan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi yang baik dibutuhkan pendidikan yang baik, pendidikan yang mengacu pada kurikulum yang baik pula.
Kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yaitu kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing Satuan Pendidikan menghasilkan kurikulum yang beragam. Dan untuk menjamin tujuan pendidikan nasional, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan harus tetap mengacu pada standar nasional pendidikan
Standar nasional pendidikan terdiri dari standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari delapan standar nasional pendidikan tersebut yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi pelaksanaan Kurikulum Satuan Pendidikan di masing-masing Satuan Pendidikan.

Pelaksanaan Kurikulum KTSP yang tetap mengacu pada standar nasional pendidikan dapat menciptakan lulusan dengan sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan tersebut, karena dalam kurikulum tersebut pembelajaran bahasa Inggris dikembangkan agar peserta didik mampu berkomunikasi secara lisan atau tulis sesuai dengan kompetensi yang dikembangkan di masing-masing satuan pendidikan.............selengkapnya hubungi ptkkti@yahoo.com atau sms ke 081559965522

1 komentar:

good luck with evy's blog mengatakan...

lanjutannya mana nih ya..

Poskan Komentar