Kasih makan dunk ikanku.....trims

Rabu, 14 April 2010

contoh PTK Biologi SMA


PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA UNTUK

MENGKONSTRUKSI PENGETAHUAN BIOLOGI MELALUI “

DIRECT OBSERVATION “OBJEK PELAJARAN,

DI KELAS XII IPA 2 SMA N I NAN SABARIS

Peneliti:

MISS, S.Pd

NIP. 131952504

SMA NEGERI 01 NAN SABARIS

DINAS PENDIDIKAN DAN OLAH RAGA

KABUPATEN PADANG PARIAMAN

2007

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar biologi. Untuk mencapai tujun tersebut diupayakan melalui tindakan penggunaan direct observation dalam pembelajaran Biologi, tindakan ini diambil untuk menselaraskan teori dengan praktek dan untuk menjadikan pelajaran biologi bukan hanya pelajaran yang bersifat hapalan,karena pelajaran Biologi adalah pelajaran yang selalu dijumpai dalam kehidupan sehari-hari siswa serta dapat mendorong aktivitas siswa dalam belajar.

Data peningkatan kreativitas siswa dalam belajar sebagai akibat dan penggunaan direct observation, diambil melalui observasi kelas dan didukung dengan penggunaan instrumen. Refleksi dan analisis dilakukan terhadap perubahan aktivitas siswa untuk melihat kelemahan pembelajaran, selanjutnya menyusun langkah-langkah perbaikan sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam belajar mengalami peningkatan dari satu pertemuan ke pertemuan berikutnya. Aktivitas yang paling menonjol peningkatannya adalah merangkai alat-alat eksperimen. Rata-rata mencapai 75%. Siswa aktif pada kegiatan tanya jawab dalam diskusi kelas. mengalami peningkatan rata-rata 78 %. pada pertemuan terakhir dari siklus ke 2 penelitian ini. Dengan demikan direct observation cenderung menjadikan kegiatan pembelajaran terpusat pada siswa.

Kata Pengantar

Syukur alhamdulillah penulis haturkan kepada Allah SWT, kegiatan penelitian tindakan kelas dengan judul Peningkatan Kreativitas untuk Mengkonstruksi Pengetahuan Biologi melalui “Direct Observation “Pembelajaran, telah sampai pada tersusunnya laporan hasil penelitian. Peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilakukan melalui kegiatan penelitian tindakan kelas dan hasilnya dalam bentuk laporan penelitian dapat digunakan untuk kepentingan lain, seperti referensi dalam pengembangan pembelajaran.

Tersusunnya laporan hasil penelitian ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, oleh sebab itu pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak Kepala Dirjen PMPTK Jakarta.
  2. Bapak Drs. Lahmuddin, selaku kepala SMA Negeri 1 Nan Sabaris, yang telah mendorong dan memotivasi kegiatan penelitian ini.
  3. Ibu pembimbing Dr. Yurniwati, SE, selaku pembimbing KTI on-line yang telah membantu dalam kegiatan penelitian ini.
  4. Guru-guru SMA Negeri 1 Nan Sabaris yang telah berpartisipasi mendukung terlaksananya penelitian ini.
  5. Siswa-siswi Kelas XII IPA 2 SMA N Nan Sabaris.

Mudah-mudahan segala bantuan yang telah di berikan bernilai sebagai ibadah dan dibalasi dengan berlipat ganda oleh Allah SWT, amin!

Selanjutnya peneliti menyadari bahwa ada berbagai kelemahan yang melekat pada kegiatan penelitian ini, oleh sebab itu kepada berbagai pihak yang membaca laporan ini kiranya bersedia memberikan saran-saran yang membangun demi untuk peningkatan kualitas pelaksanaan penelitian di masa yang akan datang.

.................selengkapnya kontak kami di ptkkti@yahoo.com atau sms 081559965522

4 komentar:

Chipiez mengatakan...

Terima Kasih

Unknown mengatakan...

Saya tertarik dengan ptk dan kti, bagaimana cara untuk mendapatkannya.

TEKNIK MENGINGAT mengatakan...

Bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan contoh PTK biologi, mohon bantuannya?

Unknown mengatakan...

article sangat bagus

Posting Komentar