Kasih makan dunk ikanku.....trims

Rabu, 14 April 2010

Contoh PTK ekonomi SMA

ABSTRAK

Sheila,2007, guru mata pelajaran Ekonomi, SMA Negeri ... Jakarta.

Peningkatan Keterampilan Bertanya Guru Ekonomi di SMA Negeri ... Jakarta.

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya proses pembelajaran yang menggambarkan guru hanya menggunakan metode ceramah, yang cenderung guru sebagai sentral informasi, sedangkan siswa hanya sebagai penerima pasif. Guru sudah merasa mentransfer seluruh pengetahuannya kepada siswa, tetapi hasil belajar siswa seringkali tidak memuaskan. Kadang siswa merasa takut untuk menjawab pertanyaan, atau siswa merasa tidak dihargai pendapatnya oleh guru. Maka perlu dikaji lebih lanjut proses pembelajaran yang baik, melalui keterampilan bertanya guru.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bertanya guru, khususnya bagi guru mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri ... Jakarta. Manfaat yang diharapkan adalah adanya peningkatan kualitas mengajar dan profesionalisme guru.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Proses penelitiannya yaitu dengan melakukan proses tindakan, yang disetiap akhir tindakan dilakukan diskusi hasil pengamatan dengan pihak kolaborator, dalam hal ini teman sejawat peneliti, sesama guru ekonomi. Mengingat keterbatasan waktu penelitian, maka penelitian tindakan ini dilakukan secara singkat, dengan tidak mengganggu aktivitas kegiatan sekolah.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan bertanya guru yang cukup baik, setelah diadakan diskusi dan perencanaan tentang proses pembelajaran menggunakan jenis pertanyaan yang menuntut keterampilan bertanya guru lebih baik, seperti yang didasarkan pada Taksonomi Bloom bidang kajian kognitif.

Hal ini ditandai dengan:

Pertama, kemampuan guru untuk membuat pertanyaan yang bervariasi dari tingkat kognisi rendah hingga tingkat kognisi tinggi.

Kedua, guru relatif dapat membangkitkan semangat siswa untuk menjawab secara kritis dan terbuka atas setiap pertanyaan yang diajukan. Hal ini pada akhirnya akan mendorong siswa untuk lebih berani menjawab dan mengeluarkan pendapatnya sendiri.

Ketiga, guru mampu mengeliminir jawaban siswa yang serempak ..............untuk lengkapnya silahkan hubungi kami di ptkkti@yahoo.com atau sms ke 081559965522

3 komentar:

ida mengatakan...

pak, klau mau memberikan ptk kpd bpk/ibu guru yg msh belajar jangan ntanggung-tanggung dong.... yang lengkap gitu pak...thanks

widi triadi aja mengatakan...

Bu ida biar gurunya lebih pinter bu entar klo lengkap cm nyontek doang

Anonim mengatakan...

Lho kok yang ini ptk meneliti guru bukan siswa, ini mah termasuk PTS

Posting Komentar