Kasih makan dunk ikanku.....trims

Rabu, 14 April 2010

contoh PTK Biologi SMA jigsaw.........

Lembar Pengesahan :

Karya Tulis Penelitian Tindakan Kelas dengan judul:

“Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA xxxxxxxx

pada Tahun Pelajaran 2007-2008 Materi Foto Sintesis

Melalui Metode Jigsaw”

Disusun oleh :

Dra. v

NIP. 132 281 187

Dalam rangka mengembangkan Profesionalisme Guru

KARYA TULIS/ KARYA ILMIAH INI TIDAK DIPUBLIKASIKAN, NAMUN TELAH DI SETUJUI DAN DI SAHKAN UNTUK DI DOKUMENTASI DAN DISAJIKAN DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 kkkkkkk

PADA TANGGAL : ...........................................

Kepala SMA Negeri 1 Pengelola Perpustakaan

Bangorejo SMA Negeri 1 nnnnnnnnnn

Mr.p kkkkkk

Nip. 130 532 548

Mengetahui,

Pengawas Sekolah

Drs. mmmmmmmmm.MM.

Nip. 131 287 493

.

HALAMAN PENGESAHAN

JUDUL:

“Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 nnnnnnnnnn pada Tahun Pelajaran 2007-2008 Materi Foto Sintesis Melalui Metode Jigsaw”

PENELITI

a. Peneliti : Dra.

b. Jenis Kelamin : Wanita

c. Pangkat / Gol / NIP : Guru Madya / IIIc / NIP. 132 281 187

d. Mata Pelajaran : Biologi

e. Asal Sekolah : SMA Negeri 1 nnnnnnnnnn

Kepala Peneliti

SMAN 1 nnnnnnnnnnnnn

mmmmmmmm, BA Dra.vvvvvvvvvvvvv

NIP. 130 532 548 NIP.132 281 187

Pengawas Sekolah

Drs. mmmmmmmmmmm, MM

NIP. 131 287 493


KATA PENGANTAR

Puji syukur peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat , taufik dan hidayah-NYA sehingga kami dapat menyelesaikan penelitian hingga menyelesaikan laporan ini.

Pelaksanaan penelitian ini dapat berjalan dengan lancar berkat bantuan dari berbagai fihak. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini kami mengucapkan banyak terima kasih kepada :

1. mmmmmmmmmm, selaku Kepala SMA Negeri 1 xxxxxxxx yang telah banyak mengarahkan dan membimbing sehingga kami dapat menyelesaikan penelitian dan laporan ini.

2. Para guru Matematika SMA Negeri 1 nnnnnnnnnn yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan tindakan penelitian ini

Pada laporan penelitian ini penulis menyadari masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya kemampuan peneliti, oleh karena itu kritik dan saran dari berbagai pihak sangat peneliti harapkan, guna perbaikan kemudian.

vvvvvvvvvv, Mei 2008

BAB I

PENDAHULUHAN

  1. Latar Belakang Masalah

Biologi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang makhluk hidup dan lingkungannya, sehingga biologi merupakan ilmu yang berhubungan langsung dengan kehidupan siswa. Pembelajaran Biologi bertujuan agar peserta didik mampu memahami konsep-konsep biologi dan keterkaitannya serta mampu menggunakan metode ilmiah untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi sehingga lebih menyadari akan kebesaran-Nya.

Seorang guru harus mempunyai kemampuan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan atau dikenal dengan Pakem, dengan tujuan agar siswa dapat mengikuti proses penbelajaran dengan baik, sehingga pada akhirnya siswa dapat menguasai konsep-konsep biologi.tersebut.

Sesuai dengan kebijakan pemerintah tentang pelaksanaan Ujian Nasional (UNAS), bahwa mulai tahun pelajaran 2007/2008 mata pelajaran yang diujikan ditambah satu lagi sehingga menjadi 4 . Mata pelajaran yang ditambahkan tadi adalah IPA. Hal ini menuntut guru-guru IPA terutama di SMP Negeri 1 Pasrepan untuk mempersiapkan lebih dini. Apalagi NUM (Nilai Ujian Murni) yang diperoleh rata-rata harus mencapai minimal 5,26.

Patokan ini sebenarnya amat berat untuk bisa dicapai di SMP Negeri 1 Pasrepan. Karena pada kenyataannya masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah 5, yaitu rata-rata sebanyak 60%. Baik itu nilai yang diperoleh dari hasil ulangan harian, ulangan tengah semester, maupun ulangan semester. Hal ini tidak hanya terjadi pada mata pelajaran biologi saja, tetapi juga mata pelajaran yang lain. Ditinjau dari segi kualitas dan minat belajar siswa, memang di SMP Negeri 1 Pasrepan tergolong rendah. Rendahnya kualitas siswa bisa dilihat dari nilai hasil Ujian Seleksi Penerimaan Murid Baru (PMB), sedangkan rendahnya minat belajar bisa dilihat ketika proses pembelajaran berlangsung

Untuk meningkatkan keefektifan dalam pembelajaran biologi, diperlukan pendekatan yang sesuai dengan keadaan siswa. Salah satu pendekatan yang bisa digunakan terutama di SMP Negeri 1 Paserpan adalah pendekatan kelompok model Jigsaw, dengan harapan dapat meningkatkan minat belajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Pembelajaran kelompok merupakan srategi pembelajaran yang sangat efektif dalam pembelajaran biologi. Dua orang peneliti yaitu Johnson dan Johnson (1989) dan Slavin (1995) menemukan bahwa pembelajaran kelompok merupakan strategi yang efektif dalam praktek pembelajaran dan banyak dipakai oleh guru-guru IPA di Amerika Serikat. Pembelajaran ini menekankan pentingnya komunikasi verbal antar siswa dalam tim-tim kecil. Dalam model pembelajaran ini, siswa diberi kesempatan untuk membicarakan pengamatan mereka, ide-ide mereka dan teori-teori mereka dalam rangka memahami biologi. Selain itu, dalam pembelajaran ini diciptakan suasana kebersamaan antara siswa yang satu dengan yang lainnya dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.........................selengkapnya hubungi kami di ptkkti@yahoo.com atau sms ke 081559965522

1 komentar:

UMIDIFAMUGTIA mengatakan...

Asslm. mhon izin tuk download file contoh ptk biologi sma kelas xi terutama ptk ini agar saya bisa belajar jadi guru yang berkenan punya hobi menulis. jika dierkenankan alamat email saya umidfamugtia@noliamail.com makasih Saronah sma n 7 batang hari.

Poskan Komentar