Kasih makan dunk ikanku.....trims

Sabtu, 17 April 2010

contoh ptk bahasa inggris sma

LAPORAN HASIL PENELITIAN
PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBICARA
BAHASA INGGRIS SISWA KELAS XI IPA1
SMAN 1 nnnnnnnnnnn


Oleh :
nnnnnnnnnnnnnn, SPd
NIP. 131678714

Dibiayai Oleh:
Direktorat Profesi Pendidik
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
Departemen Pendidikan Nasional
Dengan Surat Perjanjian Pelaksanaan Penelitian Nomor:
................................................................



Direktorat Profesi Pendidik
Direktorat Jenderal Peingkatan Mutu Tenaga Pendidik
dan Kependidikan
Departemen Pendidikan Nasional
2007
i
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN HASIL PENELITIAN

1. Judul Penelitian Penerapan Strategi Mind Mapping untuk Meningkatkan Kompetensi Berbicara Bahasa Inggris Kelas XI IPA-1 SMAN 1 nnnnnnnnnnnnn
2. Ketua Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar
b. Jenis Kelamin
c. Pangkat, Golongan, NIP
d. Nama Sekolah
e. Alamat / Telp / Email

f. Dinas Pendidikan
nnnnnnnnnnnnnnnn, S.Pd.
Laki-laki
Pembina, IV/a, 131678714
SMAN 1 nnnnnnnnnnnnnn
Jl. Bahari No. 17 nnnnnnnnnnnnnnn
0294 – 641390
Kabupaten nnnnnnnnnnnnn
3. Lama Penelitian 3 bulan (September – Nopember 2007)
4. Biaya Yang Diperlukan Rp. 1.000.000,-
5. Sumber Biaya Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan

Menyetujui
Pembimbing


nnnnnnnnnnnnn, M.Pd
NIP nnnnnnnnnnn, Desember 2007
Peneliti


nnnnnnnnn, S.Pd.
NIP 131678714
Mengetahui
Kepala SMAN 1 nnnnnnnnnnnnnnnn


Dra. nnnnnnnnnnnnnnnnn
NIP. 131 621 687



ii

PERPUSTAKAAN
SMA NEGERI 1 nnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn
Jln. Bahari No. 17 Weleri, Telp. (0294)641390, Kode Pos 51355 nnnnnnn

LEMBAR PENYERAHAN DOKUMEN

Pada hari ini, Senin tanggal 31 bulan Desember 2007 telah diserahkan dokumen berupa laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul:

PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA
KELAS XI IPA1 SMAN 1 nnnnnnnnnnnnnnn


yang ditulis oleh,
Nama : nnnnnnnnnnnnnnnn, S.Pd.
NIP : 131678714
Pangkat/ Gol./Ruang : Pembina / IV/a
Jabatan : Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris

kepada pengelola perpustakaan SMA Negeri 1nnnnnnnnnnn sebagai bahan referensi ilmiah.
Mengetahui
Kepala Sekolah


Dra. nnnnnnnnnnnnnnn.
NIP. 131 621 687 nnnnnnnnnn, 31 Desember 2007
Pengelola Perpustakaan


Jnnnnnnnnn
NIP

iii
ABSTRAK

Anshori, Isa, 2007. Penerapan Strategi Mind Mapping untuk Meningkatkan Kompetensi Berbicara Bahasa Inggris Kelas XI IPA-1 SMAN 1 nnnnnnnnnnnnnnn

Kata kunci : Kompetensi berkomunikasi lisan, mind maping, report

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi berkomunikasi lisan siswa pada pembelajaran teks report pada tahap Independent Construction of the Text. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 nnnnnnnnn semester 1 tahun 2007 / 2008
Permasalahan yang dihadapi siswa saat pembelajaran teks report adalah rendahnya kemampuan berkomunikasi secara lisan bila tanpa menggunakan teks. Mereka juga menganggap pembelajaran yang diberikan oleh guru terlalu abstrak sehingga sulit dipahami. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis mencoba menggunakan strategi mind mapping untuk memberikan konteks nyata sehingga siswa mudah memahami materi yang disampaikan dan tahu penggunaannya. Kegiatan bercerita di depan kelas diberikan dengan maksud agar siswa mempunyai kesempatan untuk praktek berbahasa Inggris.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus pertama siswa diberi pemahaman tentang tata bahasa, kosa kata dan struktur teks report dan membuat mind mapping untuk dijelaskan secara individual. Pada siklus kedua siswa diberi kesempatan untuk memperkaya informasi dengan menggali informasi dari sumber yang relevan dan diberi pelatihan tentang penggunaan simple present tense, kemudian membuat mind mapping lagi dan menjelaskannya secara individual di depan kelas. Data diambil dari tes kognitif yang meliputu pengetahuan kebahasaan dan struktur teks, tes bicara yang meliputi grammar, vocabulary, fluency, pronunciation dan task yang diadopsi dari Brown (2001). Sikap dan pendapat siswa juga dinilai dan diamati melalui kuesioner, pengamatan dan wawancara. Hasil pengamatan dan penilaian dianalisis secara deskriptif.
Hasil analisa data dari kuesioner menunjukkan sikap dan pendapat positif siswa dalam penelitian ini meningkat dari siklus satu sebanyak 74.44 % menjadi 86.11% pada siklus dua. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa siswa juga semakin aktif terlibat dalam kegiatan persiapan berbicara bahasa Inggris sehingga pada menit ke 10-35 semua siswa sudah dapat menulis kata atau frasa, pada menit ke 55 mereka dapat mengembangkan ide dan persiapan pengembangan gagasan utama pada menit ke 60 hingga 90. Sedangkan hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa merasa senang dan sangat terfasilitasi dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari peningkatan prosentase sebesar 71% menjadi 87,5%.
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa strategi mind mapping dapat meningkatkan kompetensi berbicara siswa pada waktu menjelaskan subyek benda umum dalam bentuk teks report. Hal ini dibuktikan dari rata-rata nilai bicara yang meningkat dari pra siklus sebesar 51.8 menjadi 58.9 pada siklus pertama dan 70.4 pada siklus kedua.
iv
KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis sampaikan kepada Allah SWT atas segala karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan penelitian tindakan kelas ini.
Terima kasih penulis sampaikan kepada :
1. Ibu Dra. Anni Prabandari, Kepala SMA Negeri 1 nnn atas segala dorongan semangat dan bimbingannya.
2. Teman-teman guru SMAN 1 nnnnnnnn yang telah memberikan dorongan semangat dan kritik sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan penelitian ini.
3. Ayah (alm.) dan Ibu tercinta atas segala cinta dan kasihnya.
4. Segenap keluarga atas pengorbanan , perhatian dan dukungannya baik mental maupun material.
5. Para siswa kelas XI IPA1 yang telah memberikan bantuan.
Selanjutnya segala kritik dan saran yang membangun senantiasa penulis harapkan demi kesempurnaan penelitian ini. Penulis berharap semoga hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pendidikan bahasa Inggris pada umumnya..........selengkapnya hubungi ptkkti@yahoo.com atau sms ke 081559965522

3 komentar:

mandarin04edy mengatakan...

di masukkan ke ziddu donk....pingin buat referenc nya, .....mks

Anonim mengatakan...

ditampilkan full dong disiniii.., thanks

astuti agustina mengatakan...

ptk bahsa inggris dalam bahsa inggris ada gak?

Poskan Komentar