Kasih makan dunk ikanku.....trims

Sabtu, 17 April 2010

contoh ptk ekonomi sma-jurnal-

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Standar kelulusan pada jenjang pendidikan SMA adalah 4,26 pada masing-masing mata pelajaran Bahasa Indonesia, Ekonomi dan Bahasa Inggris untuk program pilihan IPS dan Bahasa Indonesia, Matamatika dan Bahasa Inggris untuk program pilihan IPA dan rata-rata ketiga mata pelajaran tersebut untuk semua jurusan adalah 5,1 untuk tahun pelajaran 2006/2007. Berdasarkan tuntutan tersebut lembaga pendidikan khususnya di SMA baik negeri maupun swasta dituntut untuk dapat mencapai standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini menuntut semua pihak yang terkait untuk bekerja keras.

Dari hasil pengamatan dan pengalaman di Lapangan selama ini, bahwa sebagian besar siswa mengganggap bahwa mata pelajaran-mata pelajaran itu merupakan mata pelajaran yang harus atau wajib di kuasai lebih dari yang lain, sehingga mengakibatkan atau memberi kesan mata pelajaran menakutkan, membosankan dan lain sebagainya .

Hal ini ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan anak didik kita kurang begitu berminat belajar khususnya terhadap mata pelajaran yang di anggap sulit, diantaranya (1) tidak adanya motivasi baik dari diri sendiri maupun dari keluarga, (2) kurangnya pengertian akan pentingnya kamampuan enggunakan metode yang tepat, (3) tidak adanya reward baik dari sekolahan maupun dari guru mata pelajaran kepada mereka yang punya prestasi, (4) kurangnya kemampuan guru mata pelajaran dalam menyampaikan materi, sehingga materi pelajaran menjadi tidak menarik, sulit difahami,dan tidak mudah dimengerti, (5) tidak adanya fasilitas atau sarana prasarana sebagai media pembelajaran yang bisa mendukung, (6) penampilan guru mata pelajaran yang kurang menarik yang menyebabkan anak didik mudah jenuh dan membosankan, dan lain sebagainya. Berbagai kemungkinan diatas bisa diidentifikasi untuk dicari jalan keluarnya, sehingga tujuan pembelajaran dapat berhasil sesuai dengan harapan kita bersama. Peningkatan kualitas pendidikan adalah suatu tugas dan tanggungjawab semua pihak yang harus dilakukan terus menerus (continues improvement) dan secara terpadu / menyeluruh (Total Quality).

Tentunya guru sebagai salah satu komponen dalam proses pendidikan di sekolah ikut bertanggungjawab dalam membantu siswa untuk berkembang secara optimal sesuai dengan minat, bakat dan potensi yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik.

Pembelajaran ini perlu diberikan untuk mencegah usaha-usaha yang membuta, hingga anak didik tidak mengalami kegagalan khususnya pada mata pelajaran yang di anggapnya momok, melainkan dapat membawa kesuksesan seperti yang diharapkan. Maka pada Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini peneliti berusaha menjembatani penyelesaian masalah di atas dengan mengambil judul Meningkatkan minat belajar Mata Pelajaran Ekonomi siswa kelas XII IPS 2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2007 – 2008 di SMA Negeri 1 nnnnnnnnn dengan menggunakan jurnal belajar ............selengkapnya hubungi ptkkti@yahoo.com atau sma ke 081559965522

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar