Kasih makan dunk ikanku.....trims

Sabtu, 24 April 2010

contoh ptk ekonomi sma - penggunaan media....

UPAYA MENINGKATKAN DAYA TARIK DAN PRESTASI BLJ DLM EKONOMI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 XXX DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA



ABSTRAKSI
XXXXXXX, 2008. Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Melalui Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 XXXX

Kata Kunci : Motivasi, Prestasi Belajar, Multimedia

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang permasalahan siswa yang kurang tertarik atau memiliki daya tarik yang rendah pada pelajaran ekonomi karena cara penyampaian materi yang monoton dan membosankan. Rendahnya daya tarik terhadap pelajaran ekonomi menyebabkan siswa menjadi sulit untuk memahami dengan benar materi yang disampaikan oleh guru.
Metode yang digunakan dalam melaksanakan penelitian ini adalah observasi, wawancara dan tes. Observasi digunakan sebagai pengamatan dan pencatatan terhadap gejala yang tampak pada obyek penelitian sedangkan bentuk wawancara yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara bebas dimana dalam pelaksanaannya lebih bersifat informal dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi pada saat wawancara berlangsung. Tes yang digunakan adalah untuk mengetahui seberapa besar prestasi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi.
Setelah peneliti cermati selama dalam kegiatan penelitian tindakan kelas dari proses sampai diperoleh hasil menunjukkan bahwa dengan menggunakan multi media dapat meningkatkan daya tarik siswa dalam pembelajaran ekonomi dan dengan menggunakan multimedia prestasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi lebih meningkat.
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pembangunan karakter bangsa (the nation character building) tidak akan terlepas dari ”pendidikan”, karena pendidikan merupakan suatu tolok ukur kemajuan dari suatu bangsa dalam berbagai bidang, seperti bidang ekonomi, politik, science atau teknologi. Selain itu pendidikan dapat membangun kepribadian atau identitas bangsa yang intelek serta mampu bersaing di era globalisasi. Keberhasilan dunia ”pendidikan” dapat memberikan dampak positif dalam pembentukan individu maupun karakter bangsa.
Keberhasilan individu akan membentuk citra diri yang berkarakter, sumber daya manusia (Human resources) yang berkualitas, serta mempunyai wawasan yang luas dalam berbagai bidang ilmu dan teknologi. Keberhasilan sebagai bangsa adalah memberikan citra diri yang positif dalam pembentukan sumber daya manusia seutuhnya serta identitas bangsa yang intelek sehingga mampu mensejajarkan diri dengan negara-negara lain.
Diantara Ilmu ekonomi adalah yang paling sarat akan kerancuan pikiran (fallacies). Hal ini karena subjek kajiannya memang sudah cukup rumit, dan kerumitannya menjadi bertambah karena faktor khusus yang terus-menerus menderanya yaitu tidak terlalu berpengaruh disiplin lain seperti fisika, matematika, ataupun disiplin yang lain.
Pelajaran ekonomi sangat dibutuhkan oleh siswa karena masalah ekonomi selalu menjadi isu global yang sangat berpengaruh pada kelangsungan kehidupan manusia. Namun pada kenyataannya saat ini banyak siswa yang kurang tertarik atau memiliki daya tarik yang rendah pada pelajaran ekonomi karena cara penyampaian materi yang monoton dan membosankan.
Belajar merupakan kegiatan aktif siswa dalam membangun makna atau pemahaman terhadap suatu konsep, sehingga dalam proses pembelajaran siswa merupakan sentral kegiatan, sedangkan guru hanya menciptakan suasana yang dapat mendorong timbulnya motivasi belajar pada siswa. Rendahnya daya tarik terhadap pelajaran ekonomi menyebabkan siswa menjadi sulit untuk memahami dengan benar materi yang disampaikan oleh guru. .........SELENGKAPNYA HUBUNGI ptkkti@yahoo.com ATAU sms 081559965522

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar