Kasih makan dunk ikanku.....trims

Rabu, 14 April 2010

Contoh PTK Bhs Indonesia SMA - Berbicara....-

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

2.1 Hakikat Berbicara
2.1.1 Konsep Dasar Berbicara
Berbicara adalah keterampilan menyampaikan pesan melalui bahasa lisan kepada orang lain. Penggunaan bahasa secara lisan dapat dipengaruhi oleh beberapa factor yaitu : pelafalan, intonasi, pilihan kata, struktur kata dan kalimat, sistematika pembicaraan, isi pembicaraan, cara memulai dan mengakhiri pembicaraan, dan penampilan saat berbicara.
Berbicara berkaitan erat dengan tiga aspek berbahasa yang lain seperti menyimak, membaca, dan menulis. Berbicara dan menyimak merupakan dua kegiatan yang tak terpisahkan yang disebut resiprokal. Di sisi lain bahan pembicaraan sebagian besar diperoleh melalui kegiatan membaca. Semakin sering membaca semakin luas informasi dan pengetahuan yang dimiliki. Ini menjadi modal untuk menunjukkan keterampilan berbicara. Sedangkan berbicara dan menulis merupakan kegiatan yang bersifat produktif ekspresif. Keduanya berfungsi sebagai penyampai informasi.
Konsep dasar berbicara sebagai sarana berkomunikasi mencakup sembilan hal, yakni :
2.1.1.1 Berbicara dan Menyimak adalah Dua Kegiatan Resiprokal
Telah disinggung bahwa berbicara dan menyimak merupakan kegiatan resiprokal. Kegiatan yang berbeda namun berkaitan erat dan tak terpisahkan, ibarat mata uang : satu sisi ditempati kegiatan berbicara dan sisi lain ditempati kegiatan menyimak. Kegiatan menyimak sudah pasti didahului oleh kegiatan berbicara. Kegiatan berbicara baru berarti bila diikuti kegiatan menyimak. Kegiatan berbicara dan menyimak saling melengkapi dan berpadu menjadi komunikasi lisan, seperti dalam bercakap-cakap, diskusi, bertelepon, tanya jawab, interview, dan sebagainya.
Dalam komunikasi lisan, pembicara dan penyimak berpadu dalam suatu kegiatan yang resiprokal berganti peran spontan, mudah, dan lancar dari pembicara menjadi penyimak, dari penyimak menjadi pembicara.
2.1.1.2 Berbicara adalah Proses Individu Berkomunikasi
Berbicara adakalanya digunakan sebagai alat berkomunikasi dengan lingkungannya. Bila hal ini dikaitkan dengan fungsi bahasa maka berbicara digunakan sebagai sarana memperoleh pengetahuan, mengadaptasi, mempelajari lingkungannya, dan mengontrol lingkungannya.
2.1.1.3 Berbicara adalah Ekspresi yang Kreatif
Melalui berbicara kreatif, sesorang tidak sekadar menyatakan ide, tetapi juga memanifestasikan kepribadiannya. Tidak hanya menggunakan pesona ucapan kata dan dalam menyatakan apa yang hendak dikatakannya, tetapi juga menyatakan idenya secara murni, fasih, ceria, dan spontan. Perkembangan persepsi dan kepekaan terhadap perkembangan keterampilan berkomunikasi menstimulasi sesorang untuk mencapai taraf kreativitas tertinggi dan ekspresi intelektual.
2.1.1.4 Berbicara adalah Tingkah Laku
Berbicara adalah ekspresi pembicara. Melalui berbicara, pembicara sebenarnya menyatakan gambaran dirinya. Berbicara merupakan simbolisasi kepribadian si pembicara. Berbicara juga merupakan dinamika dalam pengertian melibatkan tujuan pembicara kepada kejadian di sekelilingnya kepada pendengarnya, atau kepada objek tertentu.
Dalam bahasa Indonesia, kita juga menemui peribahasa “ Bahasa menunjukkan bangsa”. Makna peribahasa tersebut ialah cara kita berbahasa, berbicara, bertingkah laku menggambarkan kepribadian kita. Dalam Kepribadian itu sudah terselip tingkah laku kita. Karena itu tepatlah bila dikatakan berbicara adalah tingkah laku.
2.1.1.5 Berbicara adalah Tingkah Laku yang Dipelajari
Berbicara sebagai tingkah laku, sudah dipelajari oleh siswa di lingkungan keluarga, tetangga, dan lingkungan lainnya di sekitar tempatnya hidup sebelum mereka masuk sekolah. Walaupun demikian secara formal mereka tetap memerlukan bimbingan untuk mengembangkan keterampilan berbicara mereka. Keterampilan berbicara merupakan, keterampilan yang mekanistis. Semakin banyak berlatih berbicara, semakin dikuasai keterampilan berbicara itu.
2.1.1.6 Berbicara Distimulasi oleh Pengalaman...........selanjutnya hubungi kami di ptkkti@yahoo.com atau sms ke 081559965522
Software Iklan Baris Massal

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar