Kasih makan dunk ikanku.....trims

Kamis, 24 Mei 2012

Contoh PTK Matematika CTL Tipe STAD

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA KONSEP MEMAHAMI SIFAT-SIFAT TABUNG, KERUCUT DAN BOLA SERTA MENENTUKAN UKURANNYA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IX.A MELALUI PENERAPAN MODEL CTL METODE KOOPRATIF TIPE STAD DI SMP NEGERI 1 

PENELITIAN TINDAKAN KELAS 
OLEH: XXXXXXX,AMa.Pd NIP: 19680715 199203 1 009 



PEMERINTAH KABUPATEN xxxxxxxxxxxx 
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA 
SMP NEGERI xxxxxxxx Jalan Tegalsari Kecamatan xxxxxxxxx Kabupaten xxxxxxxxxx 



LEMBAR PENGESAHAN 
Judul Penelitian : Peningkatan aktivitas belajar siswa pada konsep memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola serta menentukan ukurannya mata pelajaran matematika kelas IX.A melalui penerapan modelCTL metode koopratife tipe STAD di SMP nnnnnnnnn Kabupaten xxxxxxxxxxx 

Identitas Peneliti : 
1. Nama : xxxxxxxxxxx, AMa.Pd 
2. NIP: : 19xxxxxxxxxx 199203 1 009 
3. Golongan/Ruang : Pembina / IV.a 
4. Jabatan : Guru Mata Pelajaran Matematika 
5. Unit Kerja : SMP xxxxxxxxx Kabupaten xxxxxxxxxxx 

Lokasi Penelitian: SMP Negeri 1 Aaaaaaaaaaaaaa 
Lama Penelitian : 4 Bulan 
Biaya Penelitian: Mandiri xxxxxxxxxxxxxxx, 23 September 2010 

Peneliti, xxxxxxxx, AMa.Pd 
NIP: 19680715 199203 1 009 

Mengesahkan, 
Pengawas Satuan Pendidikan                                                              Kepala Sekolah 


Drs. Gnoo, M.Pd                                                                               Sssssssssssss, S.Pd  
NIP: 19xxxxxxxxxxxxxxxx 199403 1 012                                          NIP: 19xxxxxxxxxxxxxx402 1 003 

KATA PENGANTAR 
Segala puji bagi Allah, SWT yang telah mencurahkan karunia dan hidayahNya sehingga penulis dapat meneyelesaikan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, walaupun tidak sedikit mendapatkan halangan dan rintangan. Kegiatan penelitian ini sedianya akan dilaksanakan selama empat bulan sejak bulan September sampai dengan bulan Desember 2010. Kegiatan dimulai dari Penyusunan Rencana Perbaikan Pembelajaran, Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran dan Penyusunan Lapor`n. Seluruh rangkaian kegitan tersebut dilaksanakan pada Proses Pembelajaran semester 1 tahun pelajaran 2010/2011, dalam rangka memenuhi persyaratan untuk kenaikan pangkat. Berkenaan dengan penyusunan Proposal ini izinkanlah penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis sehingga laporan ini dapat terselesaikan terutama kepada : 
1. Bapak Drs. Gono, M.Pd, sebagai pembimbing sekaligus Pengawas Pembina Satuan Pendidikan SMP Negeri 1 xxxxxxxxxxxxxx Kabupaten xxxxxxxxxx 
2. Bapak Sssssssssss, S.Pd selaku Kepala SMP Negeri 1 xxxxxxxxxxxxx 
3. Seluruh guru SMP Negeri xxxxxxxxn, sebagai observer sekaligus teman sejawat yang telah bekerja sama dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran di kelas. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Proposal ini masih banyak kekurangan, untuk itu saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan demi sempirnanya penyusunan proposal ini. Akhirnya semoga Proposal ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya. xxxxxx, 

                                                                                                                             September 2010 Peneliti, BPK

gggggggfgfgA.Ma.Pd 
NIP: 19xxxxxx 199203 1 009 


DAFTAR ISI 
JUDUL PENELITIAN 
LEMBAR PENGESAHAN 
KATA PENGANTAR 
DAFTAR ISI 
BAB I PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang Masalah 
B. Perumusan Masalah dan Cara Pemecahannya 
C. Tujuan Penelitian 
D. Manfaat Penelitian 

BAB II KERANGKA TEORITIK DAN HIPOTESIS TINDAKAN 
A. Pengertian Penelitian Tindakan Kelas 
B. Karakteristik PTK 
C. Pembelajaran Kontekstual 
D. Karakteristik Pembelajaran CTL 
E. Pembelajaran Matematika 
F. Hipotesis Tindakan 

BAB III METODE PENELITIAN 
A. Subyek Penelitian 
B. Jadwal Pelaksanaan 
C. Rencana dan Deskripsi Tindakan (Siklus) 
D. Metode Pengumpulan Data 
E. Metode Analisis 

Lampiran-Lampiran 
• Daftar Pustaka 
• Riwayat Hidup Ketua Peneliti dan Anggota Peneliti 

BAB I PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang Masalah  

      Dalam pembelajaran di kelas diharapkan siswa-siswi bisa melakukan penyesuaian yang baik dalam situasi belajar seoptimal mungkin sesuai potensi-potensi, bakat dan kemampuan yang ada pada nya. Pandangan seorang tentang belajar akan mempengaruhi tindakan-tindakannya yang berhubungan dengan belajar dan setiap orang mempunyai pandangan yang berbeda tentang belajar. Dalam kegiatan pembelajaran di kelas, kita dihadapkan dengan sejumlah karekteristik siswa yang beraneka ragam. Ada siswa yang dapat menempuh kegiatan belajarnya secara lancar dan berhasil tanpa mengalami kesulitan, namun disisi lain tidak sedikit pula siswa yang justru dalam belajarnya mengalami berbagai kesulitan. Kesulitan belajar siswa ditunjukkan oleh adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar, dan dapat bersifat psikologis, sosiologis, maupun fisiologis, sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan prestasi belajar yang dicapainya berada dibawah semestinya. Proses pembelajaran yang baik dan peran guru sangat penting dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Pujian ( penguatan) atau respon positif guru terhadap prilaku siswa akan membuat siswa merasa senang, dan kreativita guru dalam memilih metode mengajar yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa didalam kelas. Pada Pra-iklus yang dilakukan di kelas IX.A SMP Negeri xxxxxxxxxxxx Kabupaten ddddddddddddddddddddd mata pelajaran Matematika sem.............. Untuk lebih lengkap silahkan menghubungi ptkkti@yahoo.com atau mau lebih cepet sms aja ke 081559966224

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar