Kasih makan dunk ikanku.....trims

Sabtu, 05 Juni 2010

contoh ptk biologi " Observasi direct..."

BAB I
LATAR BELAKANG

A. Latar Belakang
Pembelajaran Biologi diharapkan dapat memberikan dan mengembangkan pengetahun, kecakapan dan kreativitas siswa. Melalui pengalaman belajar yang efektif juga dapat membentuk kemandirian, rasa tanggung jawab memunculkan sikap percaya diri pada siswa hal ini dapat menciptakan motivasi dan semangat belajar, siswa diharapkan aktif dalam sebuah kerja sama yang menyenangkan untuk memahami dan mengusai meteri ajar.
Pembelajaran Biolgi selama ini di SMA Negeri 1 Nan Sabaris ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut : (a) senang dengan metode ceramah dan mencatat isi ceramah dari guru. (b) siswa kurang mampu mengkonstruk pengetahuan sendiri karena terbiasa diberi informasi. (c) siswa kurang dpat memiliki atau mengakses buku sumber. (d) siswa kurang mampu belajar dengan memperhatikan objek pelajaran (melalui eksprimen) karena senang dengan menerima materi tanpa melakukan aktivitas yang berarti. (e) kemampuan siswa untuk mengaplikasikan pelajaran langsung masih rendah. (f) siswa cendrung menjadikan pelajaran biologi sebagai pelajaran hapalan.
Kurikulum mata pelajaran biologi di SMA memuat KD yang terkait erat dengan persoalan-persoalan kehidupan sehari-hari di lingkungan siswa artinya pembelajaran biologi sangat dimungkinkan untuk dilaksanakan dengan lebih banyak dalam kegiatan mengamati, mengidentifikasi, mengelompokkan, membedakan dan sebagainya. Jenis kegiatan-kegiatan tersebut jelas menuntut siswa untuk lebih banyak aktif, kreatif, inovatif dalam melakukan kegiatan belajar. Dengan demikian pembelajaran biologi dari sudut guru sebenarnya bukanlah pembelajaran yang harus diceramahkan atau disudut siswa bukan pula pembelajaran yang menuntut atau cendrung untuk jadi hapalan.
Memperhatikan karakter kurikulum biologi semester ganjil di kelas XII (dua belas) semester I dan keinginan penulis untuk mencoba memperbaiki pelaksanaan proses pembelajaran sehingga siswa jadi aktif, kreatif dan inovatif dalam belajar, maka diupayakan. Menggunakan metode-metode yang lebih banyak mengaktifkan siswa. Untuk mewujudkan harapan itu penulis memilih “Direct Observation” pada objek pelajaran.
Upaya penerapan “Direct Observation” disebabkan karakter direct observation bertujuan agar siswa dapat mengamati langsung objek dari pelajaran biologi antara lain melalui pengamatan mikroskop (eksprimen ), torso dan lain-lain. Selain itu direct observation dapat meningkatkan kemampuan belajar mandiri dimana siswa mampu menformulasikan pertanyaan dan menanyakannya pada guru, dengan demikian siswa dilatih untuk menyampaikan pendapat secara logis dan mendengarkan pendapat orang lain sehingga terbangun kemampuan kecakapan komunikasi dan sifat menghargaan karya orang lain.
Agar pembelajaran biologi menjadi pelajaran yang menarik, menantang, bermakna dan menyenangkan, maka dalam pembelajaran perlu menerapkan model direct obsevation yang dapt meningkatkan kreativitas siswa, untuk mengkonstruk pengetahuan biologi. Untuk itu akan diterapkan metode tersebut, sehingga diberi judul “Peningkatan Kreativitas untuk mengkonstruksi Pengetahuan Biologi Melalui Direct Observation Objek Pembelajaran ......lebih lengkap hubungi 081559965522....